Laman

Jumat, 21 September 2012

Ilmu Tajwid

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

apa kabar ? semoga sehat selalu...
ok, insyaallah hari ini ane ingin berbagi sedikit tentang ilmu tajwid ni sob, ya semoga saja bermanfat untuk kita semua. Allah SWT berfirman dalam alqur'an. yang artinya "bacalah al-qur'an dengan tartil "
nah, disini sebagian mufassir menafsirkan kata "tartil" mengandung arti bahwa didalam membaca alqur'an
harus dengan perlahan-lahan dan hati-hati agar kita dapat memahami sekaligus dapat men-tadabburi isi yang terkandung didalam Al-quran. jadi, bukan hanya sekedar membaca saja, agar bacaan kita bernilai ibadah dan mendapat pahala dari Allah SWT.
sebagaimana didalam hadist Nabi Muhammad SAW, yang artinya : "Barang siapa yang membaca satu huruf dari alquran, maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu akan mendapat 10 pahala. aku tidak mengatakan (AlifLamMim) satu huruf, akan tetapi "Alif" satu huruf , "Lam" satu huruf dan "Mim" satu huruf ".
Rasullullah SAW dalam hadisnys juga mengatakan bahwa "khairukum man ta'allamal qur'an wa 'allamahu" yang artinya sebaik-baik diantara kalian ialah orang yang berlajar al-qur'an dan mengamalkannya.
pengertian belajar alqur'an tentunya mempunyai arti yang luas, bisa saja kita mempelajari ilmu nahwu, shorof dan yang lain yang berkaitan dengan ilmu al-qur'an. namun pada postingan ini saya ingin berbagi sedikit tantang ilmu tajwid  yang merupakan salah satu cabang dari ilmu didalam mempelajari alqur'an.

Ilmu Tajwid
Tajwid secara bahasa berarti 'membaguskan' yang berasal dari kata Jawwada. dan secara bacaan tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya.
jadi ilmu tajwid ialah ilmu yang mempelajari bagaimana cara membaca alqur'an yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan.

Pelajaran 1 : hal nun sukun atau tanwin.
       yang dimaksud dengan hukum bacaan Hal Nun sukun atau tanwin  adalah hukum-hukum bacaan yang timbul akibat pertemuan nun sukun atau tanwin dengan huruf-huruf hijaiyah.
Hal nun sukun atau tanwin terbagi menjadi 4 bagian : a) Izhar Halqi, b) Idgham, c) Iqlab dan d) Ikhfa.

1. Izhar Halqi
yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf izhar yang 6 yaitu  ح,خ,ع,غ,أ,ھ ( Haa, a, gho, a', kho, ha ) maka hukum bacaannya ialah izhar, harus dibaca dengan jelas, tidak boleh didengungkan.
contoh :



كُفُوًا اَحَدٌ ( _ً – ا)              مِنْ حَيْثُ ( نْ – ح )           مَنْ خَفَّتْ ( نْ – خ )
خُلُقٍ عَظِيْمٍ ( ٍ – ع )          قَوْ مًا غَيْرَ كُمْ ( _ً -غ)        لَكُمُ اْلاَ نْهَا َر ( نْ – ﻫ )
Izhar secara bahasa artinya jelas, sedangkan Halqi adalah tenggorokan. berarti izhar halqi mengandung arti jelas pada tenggorokan.

2. Idgham
    Idgham secara bahasa berarti memasukkan. Idgham terbagi menjadi dua bagian : a) Idgham Bigunnah dan b)Idgham Bilagunnah. Nah, Pertama saya akan membahas bagian yang pertama yaitu Idgham Bigunnah.
    a) Idgham Bigunnah.
        Idgham bigunnah yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idgham bilagunnah yaitu  ي,ن,م,و  maka hukumnya Idgham bigunnah. Idgham berarti "Memasukkan dan Bigunnah "dengan mendengung", sehingga membacanya dengan memasukkan ke huruf bigunnah dengan berdengung.
contoh :

فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ harus dibaca Fī ʿamadim mumaddadah.

    b) Idgham Bilagunnah
      Idgham bilagunnah adalah apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf  idgham bilagunnah ( ر ,ل)  maka hukumnya Idgham bilagunnah. Idgham berarti "Memasukkan" dan Bilagunnah "dengan tidak mendengung", sehingga membacanya dengan memasukkan ke huruf bilagunnah tanpa berdengung.
contoh :

مَنْ لَمْ  maka  harus dibaca Mal lam bukan Man Lam.


Pengecualian hukum Idgham
           Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan keenam huruf idgam tersebut tetapi ditemukan dalam satu kata, seperti بُنْيَانٌ, اَدُّنْيَا, قِنْوَانٌ, dan صِنْوَانٌ, maka nun mati atau tanwin tersebut dibaca jelas. dalam sebuah keterangan bacaan ini di hukumi sebagai Idhar Mutlak. 

3. Iqlab
    yaitu apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab yaitu (ب) 'ba' maka hukumnya iqlab. iqlab berrati membalikkan. cara membacanya adalah dengan membalikkan (mengganti) bunyi nun sukun atau tanwin kepada bunyi huruf mim sukun.
contoh :


4. Ikhfa
   yaitu Jika terdapat nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf ikhfa seperti ta'(ت), tha' (ث), jim (ج), dal (د), dzal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), sod (ص), dhod (ض), tho (ط), zho (ظ), fa' (م), qof (م), dan kaf (ك). maka harus dibaca samar-samar (antara Idzhar dan Idgham).

contoh :

مِنْكُمْ dibaca ming kum bukan minkum.
Ikhfa' itu artinya menyamarkan dan Ikhfa itu sendiri memang artinya samar.

semoga bermanfaat dan sampai jumpa di materi tajwid berikutnya.

penulis mohon maaf jika ada kesalahan didalam menyampaikan materi diatas.
Wallahu a'lam bisshawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar