Laman

Minggu, 28 April 2013

SYAIR AL-IMAM ASY SYAUKANI Rahimahullah


Assalamu’alaikum wr.wb

Al-Imam Asy syaukani rahimahullah (wafat 1250 H) berkata dalam sya’ir nya :

“Aku merenungkan tentang ilmu dan amalanku ...
Aku mengamati perkataan dan perbuatanku...
Maka aku dapati apa yang aku takutkan darinya melebihi apa yang aku harapkan darinya....
Maka sirnalah saat itu harapan-harapanku....
Aku pun kembali menuju rahmat ( Kasih sayang ) yang luas...
Kepada karunia yang aku harapkan dari Dzat pemilik segala karunia...
Jadilah harapan dan ketakutan berseteru dalam dadaku...
Inilah kesudahan kondisiku...”

( Nailul wathor min taroojumil rijaalil yaman fi al-qorni ats – tsaalits ‘asyar karya Muhammad Zabaaroh A-Shon’aani, 2 /302)

Al-imam Asy-Syaukani rahimahullah seorang ulama yang sangat terkenal penulis buku Nailul Authoor, menjelaskan bahwa setelah menimbang-nimbang ilmu, amal, perkataaan, dan perbuatannya, maka beliau mendapati bahwa semuanya tidak bisa diandalkan. Apa yang beliau takutkan dari ilmu, amal, perkataan dan perbuatan jika dihisab kelak lebih besar dari apa yang beliau harapkan . . .

Karenanya beliau hanya bisa mengharapkan kasih sayang yang luas dari Allah Ta’ala agar merahmati beliau.  Jika Al-Imam Asy Syaukani tidak ujub dan tidak bangga dengan ilmu dan amalan beliau, bagaimana lagi dengan sebagian kita yang pas-pasan ?  hanya rahmat Allah yang luas yang bisa kita andalkan. . .

Ya allah, berilah taufiq kepada kami agar senantiasa bersyukur dan beralam sholeh . . . senantiasa takut kepada adzab Mu dan senantiasa berharap akan rahmat Mu .  . .

Aamiin...   J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar