Laman

Selasa, 11 Desember 2012

Adab dan Do'a Menjenguk Orang Sakit


Assalamu’laikum Wr.wb

Semoga sobat dalam keadaan sehat wal’afiat.  Posting kali ini saya akan berbagi  mengenai Adab dan Doa Menjenguk Orang Sakit.
Sakit adalah ujian dari Allah, yang tentunya akan menjadi beban kepada siapapun, apabila suatu saat ditimpa penyakit, baik dirinya sendiri maupun keluarganya dan ini bisa terjadi pada diri kita atau keluarga kita.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada sesama saudara muslim untuk menjenguk orang yang sakit, hal ini tentunya akan sedikit meringankan beban orang yang ditimpa musibah.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam juga menanamkan sifat kebersamaan di antara kaum muslimin, sehingga ketika ada saudara yang sakit maka termasuk hak dari saudara tersebut adalah untuk dijenguk.

Di antara hikmahnya :
           ·         Dari sisi orang yang sakit, ia akan mendapatkan hiburan, rasa kegembiraan dan sedikit meringankan beban, apabila diperhatikan oleh saudara-saudaranya sesama kaum muslimin.
          ·         Dengan adanya kunjungan tersebut akan terjalin suatu amalan yang mulia yaitu saling mendoakan. Di antara bimbingan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendapati orang yang sakit untuk mendoakannya.

Adab dan Do'a Menjenguk yang Sakit.

A'isyah r.a. berkata : adalah Nabi Salallahu Alaihi Wasalam berziarah kepada salah seorang keluarganya yang sedang sakit maka ia mengusap-usap yang sakit dengan tangan kanannya sambil membaca :


(Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). (HR. Bukhari, Muslim).

Semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar